TESTE TEMPLATES



Tutorial 3Dmax



Sebelumnya mohon maaf kalo mungkin salah kamar, cuma bingung mo taroh di Kamar yg mana…. hihihihihi

Juga maaf, kalo tutorialnya gak bermutu :-[. Maklum, yg bikin juga masih newbie :-[ (tapi nekat ;[D)
Ok, kita mulai saja yah... tutorial sederhana ini.
Di dunia 3D, sering kita menemukan kondisi dimana kita harus menyatukan object 3D kita dengan background image/movie agar terkesan object 3D kita tersebut harus bener2 menyatu dengan background.
Nah, ada 2 komponen yg sangat penting utk diperhatikan dalam proses ini. Yaitu proses shadow dan lighting.......
Pada contoh kali ini kita mencoba mengunakan methode trik bayangan semu dgn menggunakan MATTE, dan sedikit pengenalan sederhana lighting dgn mengunakan trik HDRI maps (yg sudah tentu diproses dari gambar background scene tsb itu sendiri)
Ok, kita mulai prakteknya.....
Buka 3DSmax, pilih menu "views" --------> "Viewport background"
Maka akan muncul gambar spt ini :

Gambar 1. Setting Viewport Background.
Klik pada tombol "files". Masukan gambar background yg anda ingin satukan dgn object 3D anda...., pada contoh ini saya menggunakan background populer bawaan windows XP yaitu Bliss.bmp, anda bisa temukan di folder C:\windows\web\wallpapers. Setelah itu klik OK.
Maka akan tampil gambar tsb di viewport.
Dengan modal gambar ini, anda dapat memutar sudut pandang, baik dikamera or di prespektif port. Putarlah sedemikian hingga, sehingga alter guide ground 3D nya sesuai dengan prespektif background. Contohnya bisa ada liat pada gambar berikut :

Gambar 2. Perhatikan guide yg di lingkarin merah.
Nah, setelah itu kita bisa menambahkan object2 3D kita. Pada contoh kali iini saya cuma mengunakan object sederhana, 1 buah box yg nantinya akan menjadi patokan grounding, 1 buah kursi taman, 1 buah teko utk menguji proses penyatuan composite.
Taruh dan puter Object2 tsb sesuai /sejajar dgn guide yg telah kita tandai diatas. Hasilnya kira2 spt ini :

Gambar 3. Menambahkan object 3D ke scene.
Nah, sekarang tiba pada proses MATTE. MATTE adalah teknik utk membuat bayangan semu atau pun refleksi semu. Dia termasuk pada kategoty Material. Pada latihan ini, taruhnya MAterial MATTE ke object yg kita gunakan sebagai grounding semu, pada hal ini adalah box alas.
masukan Material MATTE spt pada gambar ini :

Gambar 4. Menambahkan MATTE material ke Material editor.
Aplikasikan/add material matte ke BOX alas. Tambahkan material lain ke Kursi dan Teko. Jangan lupa buatlah 1 buah Map, utk maps background enviroment. Yakni file yg sama utk patokan tadi...... BLISS.BMP
Setelah proses texturing beres, Kita mencoba utk menambahkan 1 buah lampu. Disini saya mengunakan SKY LIGHT. Jangan lupa aktifkan "cast shadow" nya spt pada gambar :

Gambar 5. menambahkan lampu skylight, dan mengaktifkan cast-shadows nya.
Nah, mari kita coba render scene tsb dan melihat hasilnya

Gambar 6. Hasil render mengunakan trik MATTE utk membuat shadow semu/buatan.
Nah, kalo gak pake MATTE, kira2 hasilnya gimana yah? bandingkan dgn gambar ini

Gambar 7. Hasil render tanpa trik MATTE. (ada yg janggal, bukan? Kursi dan Tekonya supranatural, terbang gak menginjak tanah ;]D)
Tapi jangan puas dulu, bayangan dah oke ….tapi cahaya/lighting nya kok keknya belum sesuai yah?
Ok, utk itu kita akan mengunakan teknik HDRI sederhana. Jadi sinar disini, data2 lighting nya akan mengunakan data dari HDRI maps. HDRI maps tentunya idealnya diambil dari background itu sendiri, biar range cahaya dan GI nya bisa match dengan kondisi scene yg bersangkutan.
Utk itu, proseslah BLISS.BMP tsb menjadi HDRI probe file.
Utk mempermudah, ada bisa mengunakan tools HDRSHOP (WWW.HDRSHOP.COM). Disana, selain anda bisa mendownload tool free nya, juga banyak tutorial ttg cara mengolah sebuah gambar background menjadi file HDR yg siap pakai

Gambar 8. Contoh mengolah Bliss.bmp menjadi HDR map dgn mengunakan HDRSHOP tool
Lantas, masukan HDR map ini ke slot GI anda, pada contoh kali ini saya cuma memasukan ke Skylight map slot, dan memainkan sedikit setting RGB level dari HDR map nya.
Setelah dirender, hasilnya akan seperti berikut :

Gambar 9. Sekarang lengkap, bayangan dihandle oleh MATTE, dan cahaya di handle oleh HDR trik =D>.
Mohon maaf, karena HDRI cukup agak ruwet jelasinya, mungkin nanti kita akan membuat sub tutorial yg membahas HDRI sederhana.
Oh iya, sedikit info mengenai MATTE, dia dapat berfungsi baik juga dengan VRAY, jadi hasil pencahayaan Vray, bayangan2 yg dihasilkan sinar VRAY dapat ditangkap dgn baik oleh MATTE.
MATTE juga dapat digunakan utk men-simulasikan pantulan, misalnya gambar Kolam atau cermin, kita bisa membuat Bayangan pantulan semua yg muncul dari Obejct 3D kita di permukaan air or cermin.
Utk, dunia movie…., ke dua teknik ini sering dipadu sama Camera Match mover…… utk menghasilkan paduan 3D object dgn background movie.
Sekali lagi, mohon maaf kalo tutorialnya berkesan seadanya :-[. Sangat sederhana, anggaplah ini emang dari newbie utk newbie….
:x Salam manis :x ,
Bonk
Credits :
- Bro Maxmania (my old buddy)
- Bro Dracoola (for HDRI map corrections)

0 komentar:

Posting Komentar

Baca Juga

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More