TESTE TEMPLATES



membuat game sederhana dengan flash

Ini pertama kalinya saya kirim tutor. kalo dirasa ngawur, silahkan di lock atau di delete saja. (malu saya). Heheheh

Ini soal pert 4 dr Lab. Saya sendiri yg membuat tutornya. kalau bhsnya kurang jelas, tanya saja. Hasil game bs di DL di http://geocities.com/hokuto_afianto/game.swf
1. Download file BG.fla dr http://geocities.com/hokuto_afianto/BG.fla Itulah background game kita kali ini. Kalau mau dipelajari, silahkan saja. Tp itu
agak ribet buat pemula.

2. Buat layer baru. Lalu buat sebuah ledakan kecil dg shape

3. Convert ke movie Clip (tekan f8 dan pilih movie clip) dan beri nama Instancenya ‘dor’.
4. Masuk ke movie tersebut (double ckil movie dg tools yang panah hitam) dan di frame 2 buat ledakan yg lbh besar.

5. Buat layer baru. Di frame ke 5 isikan
this._visible=false;
this.stop();
‘This’ membutuhkan movie clip intance. Saat skrip di eksekusi, maka perintah yang tertulis akan dijalankan pada movie klip yang di dalamnya
terdapat skrip tsbt.

6. keluar dr movie. Buat ledak yg lbh besar dr td (layer baru).

7. Convert jd movie clip, beri nama inctance ‘dor1′.
8. Lakukan langkah 4-6 (hanya saja di frame kedua ledakan mengecil).

9. Buat Layer baru, Buat shooternya. Rubah jd movie clip dan beri nama instance nya ‘tar’.

10. Buat Layer baru, Buat peluru , dan rubah jd movie clip. Beri nama peluru1 – peluru6 (smua dlm 1 layer)
11. Buat Layer baru, buat text ‘score’ dengan static text dan field text kosong berjenis dinamic text (isi ‘var’ (di properties) dg nama0 ‘score’).

12. Buat Layer baru, buat target (yg mau ditembak), convert ke movie clip, instance namenya ‘musuh’

13. Buat Layer baru, buat tulisan “Space bar to reaload” dg dinamic text dan convert ke movie clip. beri nama ‘warning’.

14. Masuk ke movie clip WARNING dan insert keyframe di frame ke 11 (Itu lamanya warning akan muncul).
15. ketik di framenya
this._visible=false;
stop();

16. Kembali ke bagian paling luar dan buat layer baru (posisi layer baru ini sama dg posisi layer peluru, musuh, dll). lalu di frame kedua, ketik
if(Key.isDown(Key.SPACE))
{
peluru=6;
}
//artinya saat ada penekanan tombol (Key.isDown) yang merupakan Space bar (Key.SPACE), maka jumlah peluru = 6.

17. Buat layer baru, di frame pertama :
dor._visible=false;
dor1._visible=false;
//saat pertama di validasi bahwa kedua movie clip gak nongol.
18. Insert key frame di frame ke 3.
gotoAndPlay(2);
//nanti akan ada action menghitung (validasi awal peluru dan nilai di frame pertama. Jika tidak divalidasi supaya pergi ke frame 2, dia bisa
looping forever pelurunnya-tiap peluru berkurang, maka langsung nambahi-)

19. Buat layer baru : Ketik di frame pertama
fscommand(“fullscreen”, “true”);
i=1;
score=0;
peluru=6;
pel=6
waktu=0;
warning._visible=false;
duplicateMovieClip(musuh,”musuh”+i,i)
setProperty(“musuh”+i,_x,random(700)+10)
setProperty(“musuh”+i,_y,random(500))
nama=”musuh”+i;
nilx=getProperty(nama,_x)
nily=getProperty(nama,_y)
nilwid=getProperty(nama,_width)
nilhei=getProperty(nama,_height)
musuh._visible=false;
Mouse.hide();
startDrag(tar,true);
// duplicateMovieClip(target, newname, depth)
// target untuk bagian target dr movie clip yg mau digandakan.
// new2name : nama khusus untuk mengidentifikasi kopiannya
// depth : sama seperti stack. Dia akan membuat kopian berurutan nomernya. Kenapa ‘i’? krn biar gak terjadi kembar nama. kalo enggak, ntar bisa
saling tiban. ^^
//setProperty(“target”, property, value/expression)
//target : movie mana yg propertinya mau di set.
//properti : properti mana yg mau di set. (nilai x)
//value : nilai randomnya (supaya musuhnya itu loncat2) x =750 dan y = 500 aja (biar gak keluar jalur)
//startDrag(target,[lock ,left , top , right, bottom])
//membuat movie clip yang sedang berjalan bisa di drag, sesuai dg nilai koordinat (jika diisi) atau cukup bisa di drag atau tidak dg memaukkan nilai
true))
20. insert keyframe ke dua, ketik
//buat looping 6 kali, dimana set apakah pelurunya makin hilang (cukup di invisible 1 per 1), dimana set //propertynya agar nama pelurunya mundur 1
-1.
for(im=1;im<=6;im++)
{
namapel=”peluru”+im;
setProperty(namapel,_visible,false)
}
//kalau yang ini berfungsi untuk menambah jumlah peluru yg nongol.
for(im=1;im<=peluru;im++)
{
namapel=”peluru”+im;
setProperty(namapel,_visible,true)
}
if(waktu==60)
{
setProperty(nama,_visible,false)
i++;
duplicateMovieClip(musuh,”musuh”+i,i);
nama=”musuh”+i;
setProperty(nama,_x,random(700)+10);
setProperty(nama,_y,random(500));
nilx=getProperty(nama,_x)
nily=getProperty(nama,_y)
nilwid=getProperty(nama,_width)
nilhei=getProperty(nama,_height)
nama._visible=true;
waktu=0;
}
else
{
waktu++;
hasx=random(100)-random(100)
hasy=random(100)-random(100)
setProperty(nama,_x,nilx+hasx);
setProperty(nama,_y,nily+hasy);
}

maka hasil akhirnya

Keslahan palings ering adalah gerak BG ngikut mouse. Coba cek apa TAR sudah diberi nama (shoooternya sudah diberi variable), pastikan jg gak ada movie clip yang kecampur.
Smeoga bs dipahami. ^^
:maap: :maap: :maap:

2 komentar:

wahh sudah dicoba, tapi saya kok gagal yah??game jd tidak bisa dijalankan

Terimakasih tutorialnya bermanfaat banget,

Ingin bisa desain grafis? Tapi bingung minta bantuan siapa? Belajar sendiri aja yuk.. kita lihat tutorialnya di
tutorial-tutorial gratis

Posting Komentar

Baca Juga

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More